Sering Menangis Tanpa Alasan ? Kenali Penyebabnya

Crying spell Menangis adalah hal yang wajar dilakukan oleh manusia, terlebih ketika seseorang merasakan sakit, namun tak jarang seseorang menangis tanpa adanya sebab yang pasti, hal ini disebut dengan crying spell.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang menangis tanpa sebab, diantaranya yaitu :

hipnoterapi online
  1. Hormon
    Hormon berfungsi untuk mengatur fungsi tubuh, sehingga apabila kadar hormon didalam tubuh berubah maka dapat mempengaruhi kondisi seseorang. Ada kemungkinan bahwa hormon berpengaruh pada tangisan, diperkirakan bahwa hormon testoteron yang tinggi pada laki-laki dapat membantu mencegah keinginan menangis, sedangkan hormon prolaktin yang tinggi pada perempuan dapat memicu tangisan, inilah alasan kenapa perempuan lebih sering menangis dibandingkan laki-laki.
  2. Lelah
    Ketika tubuh terlalu lelah dapat mempengaruhi kesehatan fisik maupun psikis seseorang, kelelehan juga dapat menjadi pemicu seseorang menangis tanpa sebab yang jelas, jika anda lelah sebaiknya segeralah istirahat agar kesehatan fisik maupun psikis tetap terjaga dengan baik.
  3. Kehamilan
    Ibu hamil sering menangis secara tiba-tiba tanpa sebab yang pasti, kondisi ini sangat umum dialami oleh ibu hamil, hal ini dapat dipicu oleh perubahan hormon yang signifikan, merasa cemas dan kewalahan dengan persiapan persalinan, kelelahan akibat perubahan fisik, hingga mengalami masa-masa depresi. Di masa kehamilan sebaiknya istirahat cukup, penuhi kebutuhan nutrisi, serta carilah orang yang dapat mendengarkan segala keluh kesah dimasa kehamilan.
  4. Stress dan kecemasan
    Stress yang dibiarkan berkepanjangan dapat menjadi salah satu tanda gangguan kecemasan, hal ini akan membuat penderitanya kesulitan dalam beraktivitas. Orang yang memiliki gangguan kecemasan berlebih merasa bahwa menangis dapat membantu mereka.
  5. Bipolar
    Gangguan ini ditandai dengan perubahan mood yang ekstrem, secara tiba-tiba penderita akan merasa sangat bahagia, namun tiba-tiba berubah menjadi sedih hingga memicu tangisan yang tidak terkontrol.
  6. Depresi
    Penderita depresi akan merasakan kelelahan, kesedihan dan kemarahan yang berlebih, hal ini dapat menyebabkan mereka menangis tanpa sebab yang bisa dijelaskan.
  7. Pseudobulbar affect
    Kondisi ini merupakan labilitas emosional yang menyebabkan penderitanya tertawa atau menangis yang sulit dikendalikan, penderita dapat menangis atau tertawa secara tiba-tiba meskipun tidak ada penyebabnya.

Menangis tanpa sebab dapat diatasi dengan melakukan relaksasi, mengatur nafas menjadi lebih lambat, tersenyum, minum air, memikirkan sesuatu yang menyenangkan dan lihatlah sesuatu yang dapat menenangkan hati.

Apabila anda atau orang disekitar anda mengalami crying spell atau menangis tanpa alasan yang jelas, dan terjadi berkepanjangan sehingga mengganggu aktivitas, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi atau penanganan yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber:
sehat q dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed