oleh

Toxic Relationship, Kenali Tanda-Tanda dan Cara Mengatasinnya

Toxic relationship merupakan hubungan beracun atau hubungan yang tidak sehat dan berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental seseorang. Hubungan ini tidak hanya terjadi pada sepasang kekasih namun bisa juga terjadi dalam hubungan pertemanan atau keluarga.

Pada hubungan yang sehat, mereka akan saling mengasihi, menyayangi, mencintai dan memberi rasa aman, namun pada toxic relationship salah satu pihak biasanya akan berusaha untuk mendominasi pihak yang lain, akibatnya salah satu pihak akan merasa tertekan. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terjebak dalam toxic relationship sehingga hubungan yang tidak sehat tersebut berlangsung dalam waktu yang lama. Toxic relationship ini dapat menurunkan harga diri seseorang, menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental seperti stress, depresi, kecemasan hingga psikosomatik.

hipnoterapi online

Berikut merupakan tanda bahwa anda berada pada toxic relationship :

  1. Selalu dikontrol
    Dalam hubungan yang tidak sehat, akan ada salah satu pihak yang mengontrol pihak yang lain, pasangan anda akan memaksakan kehendak atas hidup yang anda jalani, apapun yang anda lakukan berdasarkan perintah atau persetujuannya, meskipun seringkali hal ini bertentangan dengan keinginan anda sendiri.
  2. Tidak menjadi diri sendiri
    Akibat sering dikontrol oleh pasangan dalam segala aspek kehidupan, anda akan sulit menjadi diri sendiri karena selalu bersikap seperti apa yang diinginkan oleh pasangan, bahkan untuk berpendapat, anda harus memikirkannya berulang kali karena ada rasa takut apabila apa yang akan anda ucapkan akan menyinggungnya.
  3. Tidak ada dukungan
    Pada hubungan yang sehat, sudah sewajarnya saling memberi dukungan pada pasangan, namun toxic relationship sebaliknya, apabila anda mencapai suatu hal, hal itu dapat dianggap sebagai kompetisi, pasangan anda tidak menyukai jika anda berhasil dalam suatu hal sehingga ia dapat menghambat kesuksesan.
  4. Selalu dicurigai dan dikekang
    Pada suatu hubungan rasa cemburu merupakan hal yang wajar dan sering dialami, namun rasa cemburu yang berlebihan hingga selalu mencurigai dan mengekang pasangan adalah tanda bahwa anda terjebak dalam toxic relationship.
  5. Sering dibohongi
    Dalam hubungan  yang sehat pasangan akan saling jujur mengenai apapun, namun jika pasangan anda sering berbohong dan menutupi banyak hal, kemungkinan besar anda sedang menjalani hubungan yang tidak sehat.
  6. Kekerasan fisik
    Salah satu tanda bahwa anda sedang manjalani hubungan yang tidak sehat adalah adanya kekerasan fisik, pasangan yang tidak sehat secara emosional besar kemungkinan melakukan kekerasan fisik apabila terjadi perselisihan dalam hubungann.

Keluar dari hubungan yang tidak sehat memang tidaklah mudah, perlu keberanian yang besar untuk meninggalkannya, namun perlu diingat bahwa anda perlu mencintai diri anda sendiri. Apabila anda terjebak dalam toxic relationship dan merasa kesulitan untuk keluar dari hubungan tersebut, cobalah untuk meminta bantuan oranglain yang anda percayai, anda juga dapat berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

*Sumber
Alo dokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed