oleh

Anhedonia – Merasa Tidak Bersemangat Dan Tidak Bahagia

Anhedonia merupakan kondisi dimana seseorang kehilangan minat terhadap aktivitas yang sebelumnya disukai dan mengalami mati rasa untuk merasakan kesenangan atau kebahagiaan dari aktivitas tersebut. Kondisi ini merupakan bagian dari gejala depresi dan gangguan kesehatan lain seperti psikosis, anoreksia nervosa, parkinson, penyalahgunaan narkoba hingga skizofrenia.

Penderita anhedonia akan mengeluhka kehidupannya yang terasa sama saja dan tidak lagi menarik bahkan merasa hampa dan tidak berarti, selain itu gejala lain yang muncul pada penderita anhedonia antara lain :

hipnoterapi online
  1. Menarik diri dari lingkungan sosial
  2. Perasaan negatif pada diri sendiri dan orang lain
  3. Mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri di situasi sosial
  4. Memutus hubungan personal dengan orang lain
  5. Berkurangnya ekspresi emosi
  6. Cenderung menunjukkan emosi palsu seperti berpura-pura sedih, berpura-pura bahagia, dll
  7. Berkurangnya ketertarikan seksual
  8. Mengalami gangguan fisik yang cenderung rutin seperti sering sakit

Ada beberapa faktor risiko terjadinya anhedonia seperti riwayat keluarga dengan depresi berat atau skizofrenia, pernah mengalami kejadian yang traumatis, mengalami penyakit yang menurunkan kualitas hidup, mengalami gangguan perilaku makan, mengalami kondisi medis tertentu dan seseorang yang mengalami kejadian emosional dalam hidupnya seperti kehilangan orang yang dicintai, dikhianati dan mengalami kekecewaan yang berat. Hal-hal tersebut akan membuat seseorang kehilangan semangat untuk melakukan sesuatu dan tidak ada kemampuan untuk melakukan sesuatu dan merasakan kebahagiaan.

Apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, kondisi ini dapat mengakibatkan depresi hingga percobaan bunuh diri. Penderita juga cenderung melakukan hal-hal berisiko yang berbahaya seperti berdiri diatas gedung pencakar langit, melompat dari tebing yang tinggi hingga memacu kendaraan dalam kecepatan yang tinggi.

Apabila anda merasa mengalami kondisi ini segeralah berkonsultasi dengan dokter umum untuk melihat apakah ada penyebab medis yang menyebabkan anhedonia, selanjutnya dokter akan mengupayakan proses penyembuhan atau apabila diperlukan dokter akan merekomendasikan anda untuk ke psikolog, psikiater, terapis atau profesional lainnya.

Apabila anda merasa kehilangan semangat hidup, membutuhkan motivasi untuk kembali bersemangat atau memiliki gangguan hambatan beraktivitas lainnya anda dapat melakukan hipnoterapi. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

*Sumber
klik dokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed