Trauma adalah tekanan emosional dan psikologis yang terjadi karena kejadian yang tidak menyenangkan atau pengalaman yang berkaitan dengan kekerasan. Trauma juga bisa didefinisikan sebagai kejadian yang menyebabkan stres berlebih. Penderita mengalami suatu stres emosional yang besar dan berlebih sehingga tidak bisa mengendalikan perasaan itu sendiri. Gejala umum penderita adalah mempunyai kenangan menyakitkan yang tidak mudah dilupakan, mimpi buruk berulang, dan timbulnya kenangan akan kejadian traumatis ketika ada hal-hal yang terkait dengan kejadian tersebut.

Penyebab 

hipnoterapi online

Trauma disebabkan oleh kejadian negatif yang berdampak pada stabilitas mental dan emosional individu. Kejadian traumatis yang terjadi seperti pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga, pengalaman akan bencana alama, penyakit atau kecelakaan seirus, kematian orang yang dicintai, dan menyaksikan kekerasan. Jadi, penderita trauma biasanya mengalami kejadian diatas atau menyaksikan kejadian buruk yang tidak bisa dilupakan sehingga mempengaruhi kondisi mental, emosional dan psikologisnya.

Gejala 

Trauma dapat menimbulkan gejala fisik seperti gangguan makan, gangguan tidur, disfungsi seksual, energi yang rendah, merasakan sakit terus- menerus yang tidak bisa dijelaskan. Selain itu bisa juga timbul gejala emosional seperti depresi, putus asa, kecemasan, serangan panik, takut, kompulsif, perilaku obsesif, dan menarik diri dari lingkungan sosial serta rutinitas normal. Gejala trauma melalui kognitif pun sering terjadi, seperi penyimpangan memori terutama yang berkaitan dengan trauma, kesulitan mengambil keputusan, penurunan kemampuan berkonsentrasi, merasa terganggu oleh lingkungan dan gangguan perkembangan otak (hiperaktif, impulsif, dan susah memusatkan perhatian).

Cara Mengatasi 

Trauma akan menimbulkan berbagai perasaan tidak menyenangkan, maka untuk itu anda harus segera mencari tau cara mengatasinya, agar anda tidak selalu dihantui oleh kejadian masa lalu. Berikut cara mengatasi trauma yang bisa anda coba :

  1. Fokus pada hal penting, ketika mengalami trauma psikologis fokuslah pada apa yang harus dilakukan dalam aktivitas sehari-hari, sehingga dapat menghemat energi fisik dan emosional anda.
  2. Kembali ke rutinitas mengurus diri sendiri, konsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, olahraga secara teratur, dan melakukan aktivitas lain untuk menghilangkan stres.
  3. Tenangkan diri dengan menarik napas, ketika stres, marah, dan gelisah muncul cobalah untuk menarik napas dalam beberapa kali sampai anda merasa tenang.
  4. Jangan ambil keputusan besar, hindari mengambil keputusan besar saat emosi anda tidak stabil.
  5. Tidak menyalahkan diri sendiri, rasa bersalah, malu, kecewa, sedih dan mengasihani diri sendiri akan menjadi penyakit bagi diri sendiri. Jadi, menerima apa yang terjadi akan mempermudah proses pemulihan diri dari trauma.
  6. Cari bantuan untuk pemulihan, anda bisa curhat kepada teman atau keluarga, berkonsultasi pada psikolog atau psikiater, atau terapis untuk mengatasi trauma yang anda rasakan.

Jika anda atau orang terdekat mengalami trauma yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed