Trauma Masa Kecil ? Cobalah Atasi dengan Cara Ini

Trauma masa kecil bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti hinaan/ejekan, dikucilkan, atau bahkan kekerasan. dll, tidak hanya membuat seseorang menjadi trauma namun juga dapat menghambat seseorang menjadi sukses karena takut dalam menghadapi tantangan yang sulit.

Perasaan bahwa dirinya tidak diinginkan, tidak dicintai dan tidak berharga sering menghinggapi orang yang mengalami perlakuan buruk di masa kecil, bahkan perasaan – perasaan tersebut akan melekat hingga dewasa yang mengakibatkan korban sulit untuk bahagia, kurang percaya diri, tak mampu melihat keindahan yang ada dalam hidup, dll.

hipnoterapi online

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi trauma di masa kecil, diantaranya yaitu :

  1. Bercerita mengenai pengalaman menyakitkan pada orang yang dipercaya
    Ketika ingin memulihkan diri dari trauma yang dialami, ketahuilah bahwa bukan hanya anda satu-satunya orang yang mengalami trauma tersebut. Cobalah untuk bercerita pada seseorang yang benar-benar dipercaya, dengan menceritakan kenangan buruk mungkin akan membuar anda merasa rendah diri, minder, tidak sempurna, dll. namun dengan membuka diri akan membuat anda mengetahui bahwa banyak orang yang mengalami hal serupa. Tidak perlu ragu untuk berbagi pengalaman tersebut, dengan berbagi pengalaman akan membantu meringankan beban didalam hati.
  2.  Hilangkan emosi negatif
    Emosi yang berasal dari trauma dapat mempengaruhi kehidupan seseorang, ketika mengalami hal yang buruk wajar jika merasa menderita, namun dibutuhkan tekad yang kuat serta keberanian untuk melepaskan rasa sakit di masa lalu agar tidak mempengaruhi kehidupan masa kini. Cobalah lepaskan amarah serta depresi yang ada didalam hati, dengan begitu anda akan lebih mudah menemukan kebahagiaan. Kenangan buruk di masa lalu memang tidak dapat benar-benar dihapus sepenuhnya, lihatlah sisi positif dari kenangan tersebut dan jadilah pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya.
  3. Hidup sepenuhnya di masa sekarang
    Perlakuan buruk yang diterima dari orang-orang di masa lalu sering membuat kita berpikir bahwa semua orang akan memperlakukan kita dengan buruk, namun sebenarnya tidaklah demikian. Ingatlah bahwa hal-hal menyakitkan sudah terjadi di masa lalu, saat ini anda memiliki kendali penuh atas hidup anda dan dapat mengatasi berbagai perlakuan buruk yang diterima karena saat ini anda lebih kuat dibanding diri anda di masa lalu.
  4. Cintai Diri Sendiri
    Kenangan buruk di masa lalu dapat membuat seseorang merasa tidak berharga, tidak layak dicintai, dll. sehingga sulit untuk mencintai diri sendiri, untuk itu fokuslah pada mereka yang memperlakukan anda dengan baik dan menerima anda apa adanya. Lakukan hal-hal yang dapat membuat anda lebih mencintai diri sendiri.
  5. Membuat Pilihan
    Seseorang yang memiliki trauma memiliki kecenderungan untuk bermain aman dalam segala hal, mereka akan membuat  pilihan yang diyakini dapat dilakukan dan sudah mengetahui efeknya di masa depan, mereka akan menghindari pilihan/tantangan hidup yang sulit, hal ini mengakibatkan terhambatnya pengembangan potensi yang dimiliki. Paksakan diri untuk mencoba keluar dari zona nyamanm buatlah pilihan-pilihan yang lebih menantang diri untuk berbuat lebih, hal ini akan membangun kepercayaan diri dan keyakinan pada kemampuan diri sendiri.
  6. Temukan rasa percaya diri
    Menemukan kepercayaan diri dapat dilakukan dengan melakukan hobi/hal-hal yang disukai, dengan melakukan aktivitas tersebut akan membantu melepaskan rasa sakit dari trauma masa lalu yang masih terbawa hingga sekarang. Lakukan hal-hal yng membuat anda lebih bersemangat, bertemu dengan orang-orang yang menghargai anda maka anda akan menyadari bahwa masih banyak orang yang menyayangi dan menghargai anda sehingga semangat dan rasa epercaya diri semakin bertambah.
  7. Memperlakukan oranglain dengan baik
    Memiliki trauma dapat membuat seseorang menjadi lebih peduli dan berempati karena pernah menglami perlakuan buruk dari orang lain, oleh sebab itu bersikaplah ramah dan baik kepada orang lain.
  8. Ceritakan tentang bullying
    Meskipun masa lalu tidak dapat dirubah atau dilupakan sepenuhnya, namun dari masa lalu akan ada pelajaran yang bisa diambil, apabila anda memiliki buah hati ajari mereka untuk saling menyayangi sesama teman, ceritakan pengalaman anda sebagai korban agar anak menyadari pentingnya rasa kasih sayang dalam hubungan pertemanan, hal ini juga dapat mencegah anak mengalami trauma masa kecil atau menjadi pelaku bullying.
  9. Menghargai pencapaian
    Berbangga lah atas pencapaian diri, sadari bahwa kenangan buruk dapat membuat pribadi anda lebih kuat dari sebelumnya. Melewati masa-masa sulit sebagai korban bukanlah hal yang mudah, namun anda biasa bertahan hingga saat ini menandakan bahwa anda lebih kuat dari mereka.

Hiduplah di masa sekarang, jangan biarkan masa lalu mempengaruhi kehidupan anda saat ini dan di masa depan, cukup jadikan masa lalu sebagai pengalaman. Anda berhak bahagia tanpa dihantui kenangan buruk di masa lalum hiduplah dengan berani dan jadilah pribadi yang lebih baik. Lepaskan kenangan buruk anda, hiduplah dengan bahagia, namun apabila anda mengalami kesulitan untuk mengatasi trauma masa lalu yang anda alami, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk segera mendapatkan pertolongan. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber
the dot asia parents dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed