Takut Jarum Suntik ? Bisa Jadi Anda Mengalami Trypanophobia

Trypanophobia merupakan kondisi dimana seseorang mengalami ketakutan berlebihan terhadap tidakan medis yang melibatkan suntikan atau tindakan yang berhubungan dengan jarum suntik. Penderita phobia ini umumnya juga takut terhadap tindakan medis terutama yang melibatkan jarum suntik dan injeksi. Penderita menolak bertemu dokter, meski dalam kondisi sakit dan membutuhkan pengobatan. Kondisi ini akan menimbulkan penyakit yang lebih parah karena tidak mendapatkan penanganan.

Gejala 

hipnoterapi online

Gejala biasanya muncul sebelum perawatan medis dimulai, seperti pusing, gelisah, bahkan pingsan. Tekanan darah dan detak jantung penderita akan meningkat menjelang pelaksanaan prosedur medis. Namun, gejala ini akan mereda saat penderita sudah melalui prosedur medis yang melibatkan jarum suntik. Tekanan darah akan turun dan kondisi tubuh kembali tenang dan normal.

Penyebab 

  1. trauma jarum suntik akibat prosedur pemberian jarum suntik yang tidak tepat sehingga menimbulkan rasa sakit yang terus teringat.
  2. pernah mengalami reaksi yang tidak mengenakan setelah disuntik.
  3. anggapan bahwa suntikan dapat menimbulkan komplikasi serius bahkan merenggut nyawa (hypochondria).
  4. memiliki kondisi sensitif terhadap rasa sakit sehingga dapat menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah.
  5. fobia sejak kecil, biasanya muncul pada usia 10 tahun.
  6. memiliki temperamen sensitif, terhambat maupun negatif.

Cara Mengatasi 

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan terapi, salah satunya terapi perilaku kognitif. Melalui desentralisasi sistematis, penderita akan dibiasakan melihat dan bersentuhan dengan jarum suntik melalui gambar. Sehingga penderita perlahan-lahan terbiasa pada jarum suntik dan tidak merasa takut lagi.

Selain itu untuk  mengatasi trypanophobia anda bisa melakukan pengobatan tanpa jarum suntik. Misalkan dengan menggunakan obat-obat general seperti obat tablet, atau obat cair.  Anda juga dapat menggunakan cara terapi lain seperti hypno-terapi, terapi pemaparan menggunakan jarum. Maupun dengan obat anti stres yang dapat diberikan pada pasien sebelum menerima tindak medis sehingga dapat menenangkannya.

Jika anda atau orang terdekat mengalami phobia terhadap jarum suntik, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : popmama dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed