oleh

Speech Delay pada Anak

Keterlambatan bicara pada anak sering juga disebut sebagai speech delay. Anak bisa dikategorikan speech delay ketika mereka belum bisa berbicara hingga menginjak usia 2 tahun. Keterlambatan bicara bisa disebabkan berbagai hal seperti gangguan pendengaran, gangguan neurologis atau ada permasalahan perkembangan yang mendasarinya. Speech delay apabila dibiarkan berkepanjangan akan menyebabkan berbagai permasalahan ketika anak dewasa seperti sulit berinteraksi dengan orang lain, prestasi akademik kurang baik, kesulitan dalam mencari pekerjaan hingga rentan mengalami masalah kejiwaan.

Pada Umumnya anak di usia 2 tahun bisa mengatakan sekitar 50 kata dan berbicara dalam dua hingga tiga kalimat. Pada usia 3 tahun kemampuan berbicara akan meningkat, setidaknya anak mampu mengucapkan 1000 kata dan mampu berbicara dalam 3 hingga 4 kalimat. Keterlambatan bicara dapat ditandai jika  bayi tidak bersuara atau mengeluarkan suara lain saat menginjak usia 2 bulan. Tanda lain yang mungkin muncul apabila anak mengalami keterlambatan bicara antara lain :
1. Pada usia 2 tahun, anak belum bisa mengucapkan setidaknya 25 kata.
2. Pada usia 2,5 tahun anak belum bisa mengucapakan frasa 2 kata unik atau kombinasi kata benda.
3. Pada usia 3 tahun anak belum bisa mengucapkan 2.000 kata, tidak meminta sesuai dengan nama, sulit dimengerti bahkan oleh orang terdekat.

hipnoterapi online

Sejak dini sebaiknya anak diberi stimulasi yang menunjang tumbuh kembangnya agar anak terhindar dari berbagai masalah perkembangan, salah satunya speech delay. Stimulasi yang bisa anda lakukan diantaranya yaitu :

1. Berdiskusi dengan anak.
Berdiskusi atau mengobrol dengan anak menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi keterlambatan bicara. Anda bisa berdiskusi mengenai hal-hal yang disukai anak atau bisa juga mengenalkan hal-hal baru kepada anak.

2. Bernyanyi.
Melalui nyanyian kosa kata anak akan bertambah dengan sendirinya, menyanyi juga menjadi hal yang menyenangkan bagi anak, anda juga dapat mengajak anak bernyanyi sambil menari agar anak lebih bersemangat sekaligus melatih kemampuan motoriknya.

3. Membaca Buku cerita.
pada dasarnya anak-anak menyukai buku cerita bergambar dan warna-warni, anda bisa mengajak anak melihat buku cerita sambil menceritakan isi buku tersebut.

Sebenarnya ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi speech delay pada anak, salah satunya yaitu terapi wicara.
Apabila anda menyadari bahwa anak mengalami keterlambatan bicara, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed