oleh

Sering Berbohong? Awas Mythomania

Dalam kehidupannya, manusia sering kali berbohong dengan tujuan tertentu, namun apabila perilaku berbohong dilakukan terus menerus dan sulit untuk dikendalikan, bisa jadi hal tersebut adalah gangguan mental yang disebut mythomania.

Mythomania merupakan gangguan mental dimana penderitanya suka berbohong dan sulit untuk dikendalikan. Berbeda dengan orang-orang pada umumnya yang memiliki tujuan atau motivasi tertentu ketika berbohong seperti menghindari rasa malu, menutup kesalahan, dll. Pada penderita mythomania tidak ada motivasi tertentu untuk memberitahukan kebohongannya, mereka juga tidak merasa bersalah atau cemas saat menyampaikan kebohongannya. Pada awalnya penderita  menyampaikan kebohongan-kebohongan kecil, namun pada akhirnya mereka akan melakukan kebohongan lain untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

hipnoterapi online

Kebohongan yang disampaikan oleh penderita mythomania mudah untuk dibantah, kebohongan mereka cenderung mudah dibuktikan dan terkadang memiliki detail yang berlebih. Penderita mythomania biasanya menunjukkan dirinya sebagai pahlawan atau sebagai korban, pada umumnya kebohongan yang disampaikan dapat memancing rasa simpati, penerimaan atau kekaguman dari orang lain.

Pada kasus tertentu, penderita mythomania mempercayai kebohongan yang disampaikannya sendiri karena kebohongan tersebut dapat tercampur sebagai kebohongan yang disadari dan delusi semata. Terkadang penderita mythomania tidak menyadari bahwa dirinya sedang berbohong dan menganggap bahwa kebohongannya adalah sesuatu yang nyata terjadi.

Seseorang dengan mythomania dapat menyampaikan kebohongannya secara alami dan memiliki pemikiran yang cepat, terkadang mereka tidak menunjukkan adanya tanda-tanda orang yang berbohong seperti menghindari kontak mata, ada jeda antar kalimat, dll.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab mythomania, tetapi gangguan ini bisa dipicu  atau beriringan dengan gangguan kepribadian seperti gangguan kepribadian antisosial, gangguan kepribadian narsistik, gangguan kepribadian ambang, sindrom munchausen, dan lain sebagainya.

Jika anda atau orang terdekat anda mengalami mythomania yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

*Sumber
Sehatq dot com

 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed