Psikoterapi : Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis Psikoterapi

Pengertian Psikoterapi

Psikoterapi merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk membantu menangani masalah emosional dan gangguan mental seperti stress berat, gangguan kecemasan hingga depresi. Pada terapi ini psikiater atau psikolog akan melatih pasien belajar mengenali kondisi, perasaan serta pikiran yang melatarbelakangi keluhannya untuk kemudian membentuk perilaku positif terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Diharapkan pasien memiliki kemampuan mengendalikan diri dan memberi respons yang lebih baik dalam menghadapi situasi yang sulit.

Manfaat

Terapi ini telah terbukti membantu mengatasi berbagai masalah psikologis, banyak pasien yang terbantu dengan terapi ini. Manfaat psikoterapi antara lain :

hipnoterapi online
  1. Membantu memahami diri sendiri
  2. Membantu pasien meningkatkan keterampilan hidup untuk meningkatkan kualitas hubungan pribadinya
  3. Membantu pasien memahami masalahnya dan menemukan solusi yang tepat
  4. Membantu menyelesaikan konflik pasien daengan orang lain
  5. Membantu meredakan rasa cemas atau stress akibat suatu kondisi
  6. Membantu pasien memiliki kehidupan yang lebih baik
  7. Membantu pasien memiliki kondisi mentak yang kuat dan sehat dalam menghadapi berbagai masalah
  8. Membantu memulihkan diri dari peristiwa traumatis
  9. Mengatasi insomnia

Masalah Apa Saja yang Dapat Diatasi dengan Psikoterapi?

Masalah kesehatan mental yang dapat dibantu dengan psikoterapi diantaranya yaitu gangguan kecemasan (Anxiety disorder), Obsessive Compulsive Disorder,  gangguan stress pasca trauma, fobia, gangguan mood, bipolar, depresi, kecanduan, gangguan makan, gangguan tidur, perselisihan keluarga, krisis percaya diri, masalah pernikahan, gangguan kepribadian hingga skizofrenia.

Jenis – Jenis Psikoterapi

Dalam psikoterapi terdapat berbagai pendekatan yang berbeda – beda bergantung pada kondisi pasien. Jenis  – jenis psikoterapi diantaranya yaitu :

  1. Cognitive Behavioral Theraphy (CBT)/Terapi Perilaku Kognitif
    Pada terapi ini anda akan dibantu untuk menganalisis perilaku apa saja yang menjadi sumber masalah dalam hidup kemidian psikiater/psikolog akan mengarahkan anda agar membiasakan diri membentuk pola pikir baru yang lebih baik.
  2. Psikoanalitik dan Psikodinamik
    Psikolog atau psikiater akan menuntun pasien untuk melihat lebih dalam ke alam bawah sadarnya, pasien akan diajak menggali kejadian di masa lalu yang telah mempengaruhi kesehatan mentalnya kemudian terapis akan membantu pasien untuk mengubah pola pikir yang kurang tepat tersebut sehingga dapat menghadapi masalah secara lebih baik.
  3. Terapi Interpersonal
    Jenis terapi ini ternasuk tipe psikoterapi jangka pendek, pada terapi ini terapis akan membantu pasien untuk mengevaluasi dan memahami bagaimana cara menjalin hubungan dengan orang lain, melalui terapi ini diharapkan pasien menjadi lebih peka ketika berinteraksi atau saat menyelesaikan konflik dengan orang lain.
  4. Terapi Penerimaan dan Komitmen (ACT)
    Terapis akan membantu pasien menyadari dan menerima perasaan dan pikiran bukan menyangkal atau menghindari perasaan tersebut, kemudian pasien akan diajak untuk berkomitmen mengubahnya.
  5. Terapi Perilaku Dialektis
    Salah satu jenis psikoterapi yang mengajarkan perilaku positif kepada pasien untuk membantu menangani stress serta meningkatkan hubungannya dengan orang lain.
  6. Psikoterapi Suportif
    Terapis akan membantu pasien mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang mempengaruhi
  7. Terapi Keluarga
    Psikoterapi jenis ini difokuskan untuk memperbaiki hubungan antar keluarga, terapi ini juga diikuti oleh seluruh anggota keluarga.
  8. Hipnoterapi
    Terapi ini menggunakan cara hipnosis yaitu dengan mengolah pikiran bawah sadar manusia, terapi ini dapat membantu mengontrol perilaku dan pikiran pasien yang tidak diinginkan untuk membantu pasien mengatasi kecemasan, atau gangguan lain yang dialami. melalui terapi ini pasien akan merasa rileks, dan lebih terbuka.

Jika anda atau orang terdekat anda mengalami bebagai permasalahan terkait kesehtan mental, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  apabil terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

*Sumber
hello sehat dot com
doc doc dot com
alo dokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed