Merasa Bersalah Terus-Menerus ? Atasi Segera

Merasa bersalah merupakan hal wajar yang dapat dialami oleh manusia, perasaan ini akan muncul ketika seseorang melakukan suatu kesalahan atau menyakiti oranglain, perasaan ini akan membantu seseorang untuk mengevaluasi dirinya sendiri dan memotivasi untuk hidup, perasaan bersalah juga akan membuat seseorang memperlakukan oranglain dengan lebih baik.

Meskipun perasaan bersalah adalah hal yang wajar, namun apabila berlebihan maka akan mempengaruhi kehidupan. Rasa bersalah yang berlebihan ini dikategorikan sebagai salah satu tanda depresi, hal ini dikarenakan latar belakang munculnya rasa bersalah karena ada trauma masa kecil dan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

hipnoterapi online

Merasa bersalah secara terus menerus dapat mengakibatkan seseorang kesulitan dalam berkonsentrasi , memperburuk hubungan dengan orang terdekat, merasa rendah diri, dan lain sebagainya, untuk itu cobalah menghilangkan rasa bersalah tersebut dan bangkit dari kesalahan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa bersalah secara berlebihan agar tidak berlajut sebagai stress dan depresi, diantaranya yaitu :

  1. Hargai usaha diri sendiri
    Percayalah bahwa sudah melakukan usaha yang terbaik, meskipun ada faktor lain diluar kendali yang membuat usaha yang dilakukan tidak berjalan dengan baik, bagaimanapun juga itulah usaha terbaik yang bisa dilakukanm jadi tidak perlu lagi merasa bersalah. Berterimakasih-lah pada diri sendiri dan hargai diri sendiri, menjadikan kekurangan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki diri agar kedepannya bisa lebih baik.
  2. Melihat dari sudut pandang berbeda
    Ketika merasa bersalah cobalah untuk melihat dari sudut pandang orang lain, rasakan bagaimana diri sendiri akan memperlakukan oranglain yang memiliki masalah yang sama, dengan begitu akan lebih mudah untuk mengasihi orang lain dan diri sendiri.
  3. Melihat emosi  dari rasa bersalah secara lebih dalam
    Perasaan bersalah yang terus menerus terjadi dan tak kunjung hilang, ada kemungkinan bahwa ini merupakan topeng dari emosi yang lain seperti marah, tertekan, atau terintimidasi. Cobalah untuk melihat lebih dalam mengenai apa yang ada dibalik emosi tersebut, apakah karena rasa bersalah atau karena emosi yang lain.
  4. Positive thinking
    Tidak semua rasa bersalah berdampak buruk, dengan adanya rasa bersalah dapat menjadikan seseorang lebih berhati-hati dalam berbuat sesuatu, jadikan kesalahan sebagai bahan evaluasi untuk masa depan, belajarlah melihat sisi positif, memaafkan diri sendiri dan berjanji untuk melakukan segala sesuatu yang terbaik.

Apabil anda atau orang disekitar anda mengalami perasaan bersalah secara berlebihan dan terjadi terus-menerus hingga mempengaruhi aktivitasnya, segeralah untuk berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

*Sumber
hellosehat dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed