oleh

Tremor

Tremor merupakan gerakan yang tidak terkontrol dan tidak terkendali pada satu atau lebih bagian tubuh yang terjadi akibat bagian otak yang mengontrol otot mengalami masalah sehingga menyebabkan gemetar pada bagian tubuh terutama tangan.

Penyebab 

hipnoterapi online

Tremor disebabkan adanya masalah pada area otak yang mengatur tubuh tertentu. Penyakit yang bisa memicu gangguan ini diantaranya parkinson, multiple sclerosis, stroke, cedera otak, penyakit saraf dan hati. Konsumsi obat tertentu pada jangka panjang juga bisa menjadi penyebabnya. Seperti mengonsumsi amfetamin, kortikosteroid, dan obat kejiwaan tertentu.

Klasifikasi 

Klasifikasi berdasarkan gambaran klinisnya diantaranya :

1. Tremor Istirahat (resting/static tremor) merupakan tremor yang timbul pada bagian tubuh yang ditopang melawan gravitasi dan tidak ada aktivitas otot volunter.

2. Tremor Aksi (action tremor), terjadi akibat kontraksi otot volunter dan dibagi menjadi 3 yaitu : postural. kinetik dan  isometrik.

3. Tremor isometrik, terjadi pada kontraksi otot volunter melawan suatu tahanan konstan seperti mendorong dinding, menekan telapak tangan pemeriksa.

Tremor Pada Tangan 

Jika anda merasa mengalami tangan gemetar karena kelelahan, kedinginan, marah atau ketakutan ini tidak boleh dianggap remeh.  Tangan gemetar berisiko menjadi gejala awal penyakit tertentu yang lebih berbahaya. Gemetar pada tangan dapat menjadi pertanda gangguan saraf. Gangguan yang dirasakan bisa jadi menandakan penyakit atau kondisi tertentu seperti :

  1. tremor esensial, yaitu gemetaran pada bagian tubuh saat hendak digerakkan.
  2. penyakit parkinson, yaitu penyakit kronis yang mengganggu fungsi otak dan koordinasi gerakan tubuh.
  3. kejang, dystonia, kadar gula rendah, dan kelenjar tiroid yang terlalu aktif.
  4. stroke, tumor otak, penyakit huntington, keracunan zat tertentu
  5. kelebihan konsumsi kafein dan alkohol dan efek samping konsumsi obat-obatan tertentu.

Cara Mengatasi

Tidak ada pengobatan untuk mengatasi gangguan ini secara khusus. Pengobatan bertujuan untuk mengurangi gejala dengan mengobati kondisi yang menjadi penyebabnya. Beberapa cara untuk mengatasinya diantaranya :

  1. Fisioterapi, yang bertujuan untuk memperkuat otot dan mengurangi gerakan tidak terkendali
  2. Operasi otak, dilakukan pada gerakan yang sudah parah dan tidak dapat dihentikan dengan obat-obatan
  3. Obat-obatan tertentu, dokter akan memberikan obat-obatan penenang atau anti kejang dan beta blockers (obat yang berfungsi melebarkan pembuluh darah)
  4. Botox, dokter akan menyuntikkan botox untuk mengurangi intensitas gerakan yang sering terjadi.

Jika anda atau orang terdekat mengalami tremor yang disebabkan karena stres, kecemasan dan ketakutan berlebihan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

konsultasi hipnoterapi

News Feed