oleh

Overthinking

Apa Itu overthinking ?
Berpikir merupakan hal yang wajar dilakukan oleh manusia, namun terlalu banyak berpikir dapat merugikan manusia. Overthinking termasuk dalam gangguan psikologis karena dapat menyebabkan kecemasan (anxiety) pada penderitanya yang selanjutnya dapat menimbulkan sakit fisik, overthinking juga disebut sebagai paralysys analysys yaitu kondisi dimana seseorang terus menerus memikirkan suatu permasalahan tanpa menemukan solusi. Terlalu banyak berpikir akan menghalangi seseorang untuk bertindak, menghabiskan energi dan menurunkan kemampuan seseorang untuk membuat keputusan.

Akibat dari pemikiran yang kurang produktif ini akan membuat seseorang terjebak dalam kondisi stagnan sehingga tidak mampu melakukan hal baru dan akan menghalangi kemanjuan hidupnya. Keadaan tersebut didasari oleh keinginan yang tidak realistis sehingga mempengaruhi pikiran dalam mencari solusi. Seseorang yang overthinking cenderung merasakan beban pikiran yang berlebihan, kebiasaan memikirkan kekurangan, kesalahan dan masalah akan berpengaruh pada kesehatan mental, seseorang juga lebih berisiko mengalami tekanan emosi yang serius. Pengidap overthinking mudah terjebak pada perilaku yang merugikan seperti makan tidak teratur, kurang jam tidur, atau manajemen waktu yang buruk, apabila berlangsung dalam jangka waktu yang lama hal ini dapat berdampak pada kondisi fisik seseorang.

hipnoterapi online

Penyebab
Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami overthinking , pada umumnya overthinking terjadi ketika seseorang sedang mempertimbangkan sebuah keputusan, mencoba memahami keputusan atau tindakan orang lain, memikirkan masa depan, merefleksikan apa yang telah terjadi seperti kesalahan masa lalu, dll. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa overthinking disebabkan karena rasa khawatir terhadap masa depan yang bahkan belum terjadi dan khawatir terhadap pandangan atau penilaian orang lain.

Risiko
Apabila overthinking berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan berbagai risiko bagi penderitanya, diantaranya yaitu :
1. Merusak komponen dalam otak
overthinking akan memicu timbulnya stress dan keluarnya hormon kortisol pada tubuh yang dapat merusak sel otak pada hipokampus.
2. Mengganggu pencernaan
Pengidap overethingking biasanya terjebak pada perilaku yang merugikan diri sendiri seperti waktu makan atau porsi makan yang tidak teratur sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan, seperti radang pada lambung, sekresi lambung, iritasi perut, hingga perubahan mikribiota pada perut.
3.Berpotensi merusak jantung
overthinking yang berkepanjangan dapat menyebabkab penderitanya mengalami sakit dada, takikardia dan sakit kepala ringan.
4. Metabolisme tubuh terganggu
Hormon stress yang muncul saat seseorang overthinking dapat memicu melehmahnya imunitas tubuh.
5. Merusak kesehatan kulit
overthinking juga dapar memicu munculnya berbagai masalah kulit seperti dermatis atopic, alopesia, psosiaris, areata, pruritus dan dermatitis.

Cara Mengatasi
Ada beberapa cara yang dapat ditempuh agar terhindar dari overthinking , yaitu :
1. Kendalikan pikirian dan taklukan pikiran buruk yang membuat beban, buang pikiran-pikiran yang tidak perlu.
2. Ubah hal negatif yang ada di pikiran menjadi hal positif, produktif dan solutif. Mulai untuk berpikir positif terhadap segala sesuatu yang terjadi.
3. Fokus pada keadaan saat ini saja dengan cara mengaktifkan indera yang ada pada tubuh, kurangi untuk memikirkan masa lalu atau masa depan.

Jika anda atau orang terdekat mengalami gejala ini, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

*Dari berbagai sumber

konsultasi hipnoterapi

News Feed