Penyesalan Mendalam, Bagaimana Mengatasinya ?

Manusia tidak dapat mengatur segala sesuatu sesuai dengan kehendaknya, ada banyak hal yang terjadi diluar kehendak atau kendalai manusia, terkadang hal-hal diluar harapan dapat menyebabkan seseorang mengalami penyesalan. Rasa menyesal merupakan hal yang wajar dialami oleh manusia, terlebih lagi jika seseorang melakukan kesalahan, atau karena usaha yang dilakukan kurang maksimal, namun penyesalan yang terjadi berkepanjangan dapat menjadi kebiasaan buruk yang dapat merusak diri sendiri sehingga berpengaruh pada kehidupan.

Penyesalan dapat menjadi beban yang menyakitkan dan mempengaruhi kebahagiaan seseorang, rasa menyesal juga dapat menyebabkan seseorang kurang produktif dan menghambat langkah untuk maju, rasa menyesal yang berlarut akan membuat seseorang merasa bersedih sehingga dapat membatasi masa depan.

hipnoterapi online

Apabila anda mengalami penyesalan yang berlarut-larut cobalah identifikasi rasa menyesal tersebut, belajarlah untuk memaafkan diri sendiri dan lanjutkan hidup. Penyesalan adalah cara berpikir kritis atau perasaan yang membuat seseorang menyalahkan dirinya sendiri atas apa yang sudah terjadi, penyesalah yang produktif dapat membuat seseorang belajar mengubah perilaku untuk masa depan, namun rasa menyesal yang tidak produktif akan membuat seseorang hanya menyalahkan dirinya sendiri sehingga dapat memicu stress dan berbagai masalah kesehatan.

Rasa menyesal pada setiap orang berbeda-beda, rasa sesal biasanya terdiri dari kesedihan, rasas bersalah, rasa kehilangan, malu, marah, hingga kecemasan. Cobalah untuk mengidentifikasi rasa menyesal yang dialami, mungkin berkaitan dengan apa yang dilakukan atau dikatakan di masa lalu dan masih memikirkannya sampai saat ini. Pikirkan apa yang dapat menyebabkan rasa menyesal itu muncul, bisa dari gaya hidup, pekerjaan, keluarga, anak-anak, pernikahanm dan lain sebagainya.

Rasa Menyesal yang berkepanjangan dapat diatasi dengan melakukan terapi perilaku koginitif atau CBT. larihan CBT akan mnegajari seseorang untuk mengubah kebiasaan dan pola pikir, hal ini akan membuat seseorang mengubah rasa sesal, malu, dan marah sehingga seseorang akan fokus pada penyembuhan dari pemikiran-pemikiran berbahaya yang tidak produktif secara emosional.

Orang yang merasa menyesal akan sering memikirkan alasan meraka mengambil atau tidak mengambil tindakan tertentu, hal ini akan membuat seseorang terjebak dalam pikirannya, cobalah untuk membuat daftar mengenak hal-hal yang disesalkan dan pertanyaan yang terus ditanyakan¬† pada diri sendiri, baca ulang daftar tersebut dan ubahlah pertanyaan “mengapa?” menjadi “selanjutnya bagaimana?” hal ini akan membantu untuk mengatasi perasaan yang terjebak dalam rasa menyesal.

Rasa menyesal juga dapat menjadi pelajaran yang penting untuk masa depan yang lebih baik, cobalah lihat dari sisi positif, pelajaran apa yang bisa dipetik dan sadari bahwa pelajaran dalam hidup dapat membuat seseorang menjadi lebih baik dan lebih bijaksana. Selanjutnya lakukan apa yang sudah dipelajari mengenai diri sendiri dan orang lain, dengan hal ini dapat mengurangi kesempatan untuk memilih hal yang sama atau membuat keputusan yang sama di masa depan.

Meskipun apa yang sudah terjadi tidak dapat dirubahm cobalah untuk mengontrol rasa sesal yang ada agar tidak mempengaruhi kehidupan di masa depan. Sadarilah penyesalan yang produktif, rasa menyesal yang produktif akan bersifat positif jika seseorang tergerak untuk memperbaiki diri atau bertindak saat ada kesempatan datang.

Bangunlah rasa empati pada oranglain, rasa empati ini akan membantu anda untuk memahami bagaimana perasaan orang lain, hal ini mungkin akan menentang kepercayaan diri sendiri dan mengharuskan untuk mendengarkan orang lain. Ubahlah rasa menyesal menjadi rasa syukur, lihat segala sesuatunya dari sisi yang positif, maka hal ini akan membantu mengurangi rasa sesal yang ada.

Berlatihlah untuk memaafkan diri sendiri, karena rasa menyesal dapat membuat seseorang membenci dirinya sendiri dan orang lain, dengan memaafkan diri sendiri anda dapat mengurangi rasa sesal dan meningkatkan kepercayaan diri anda, rasa percaya diri yang sehat akan memberi pengaruh yang positif pada kehidupan, anda juga dapat menulis surat untuk diri sendiri, hal ini akan membantu dalam memaafkan diri sendiri, surat ini dapat ditujukan pada diri sendiri dimasa depan maupun dimasa lalu.

Anda juga dapat membuat pernyataan positif untuk mendorong, menopang dan membuat anda lebih menyayangi diri anda sendiri, dengan menyayangi diri sendiri akan mempermudah untuk berempati dan memaafkan diri sendiri, sehingga dapat membantu mengurangi rasa bersalah dan penyesalan.

Jika anda atau orang terdekat mengalami penyesalah mendalam yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber
id dot wikihow dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed