Gangguan Makan – Kenali Jenis dan Gejalanya

Gangguan makan atau eating disorder merupakan salah satu gangguan kesehatan mental saat mengkonsumsi makanan dimana penderita akan mengkonsumsi terlelu sedikit makanan atau terlalu banyak makanan dan terobsesi pada berar badan atau bentuk tubuh yang dimilikinya. Eating disorder dapat terjadi pada siapa saja namun kondisi ini lebih sering terjadi pada remaja di rentang usia 13-17 tahun.

Jenis dan Gejala Gangguan Makan

Gejala yang muncul berbeda-beda tergantung pada jenis gangguan yang dialami, diantaranya yaitu :

hipnoterapi online
  1. Bulimia nervosa
    Kondisi ini membuat penderitanya makan dalam jumlah yang banyaj dan dalam waktu singkat dan disertasi usaha untuk memuntahkan makanan, minum obat pencahar atau obat untuk menekan nafsu makan, ini dilakukan karena mereka merasa malu, bersalah dan takut akan kenaikan berat badan, mereka juga berisiko mengakami stress karena terus menerus memikirkan berat badan dan bentuk tubuh.
  2. Anoreksia nervosa
    Gangguan ini berpotensi mengancam jiwa karena membuat penderitanya memiliki berat badan yang sangat rendah. Penderita gangguan ini tidak mau makan karena takut jika berat badannya naik. Seseorang dengan gangguan ini akan berusaha untuk mengontrol berat badannya dengan cara yang ekstrim seperti makan sedikit namun melakukan olahraga berlebihan, mengkonsumsi obat pelangsing/obat pencahar, dll. Apabila dibiarkan terus menerus kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius hingga berujung kematian.
  3. Binge-eating disorder (Gangguan makan berlebihan)
    Seseorang dengan gangguan ini akan makan dengan cepat atau makan lebih banyak dari yang dibutuhkannya bahkan dalam kondisi tidak lapar sekalipun. Setelah makan secara berlebihan biasanya penderita akan merasa bersalah atau merasa malu atas tindakannya, akan tetapi hal tersebut tidak membuat mereka berusaha menurunkan berat badannya. Kebanyakan penderita gangguan ini memiliki berat badan berlebihm bahkan obesitas.
  4. Gangguan ruminasi
    Merupakan perilaku seseorang yang memuntahkan makanan yang terkadang dikunyah kembali dan ditelan, atau dikunyah dan dimuntahkan kembali, jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan malnutrisi. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak, bayi atau seseorang yang lahir dengan cacat intelektual.
  5. Avoidant/Restrictive Food Intake Disorder
    Gangguan makan jenis ini, ditandai dengan gagalnya memenuhi kebutuhan nutrisi harian minimun karena tidak memiliki nafsu makan, rasa khawatir/takut tersedak dan menghindari makanan dengan karakteristik tertentu seperti warnanya, teksturnya, baunya, dll.
  6. Pica
    merupakan gangguan makan dimana penderitanya akan mengkonsumsi sesuatu yang tidak layak makan, hal ini dipicu oleh rasa penasarannya.

Penyebab

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab gangguan ini, namun seperti gangguan kesehatan mental lainnya, kondisi ini bisa terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor seperti genetik/keturunan serta faktor kesehatan psikologis dan emosional.

Apabila anda atau orang disekitar anda mengalami gangguan makan, gangguan tidur, stress, kecemasan atau masalah lainnya, segeralah berkonsultasi dengan psikolog/psikiater/terapis untuk mendapatkan solusi yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

*sumber
hello sehat dot com
alo dokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed