Gangguan Kepribadian Narsistik, Pengertian dan Cara Mengatasi

Gangguan Kepribadian Narsistik merupakan kondisi seseorang yang menganggap bahwa dirinya sangat penting dan patut untuk dikagumi. Mereka cenderung merasa bahwa dirinya memiliki suatu pencapaian yang luar biasa dalam hidupnya yang lebih baik dari orang lain, sehingga mereka terlalu membanggakan dirinya sendiri. Seseorang yang mengalami gangguan kepribadian ini memiliki empati yang rendah dan menganggap bahwa kepentingannya jauh lebih tinggi dan lebih penting, mereka juga mudah tersinggung dan mudah depresi ketika mendapatkan kritikan.

Seperti gangguan kesehatan mental pada umumnya, hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya gangguan kepribadian narsistik, pada umumnya gangguan mental disebabkan oleh berbagai hal yang kompleks. Kehidupan masa kecil seseorang memiliki kemungkinan menimbulkan gangguan kepribadian ini, seperti orangtua yang memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap anaknya, anak yang terbiasa dimanjakan oleh orangtuanya, perlakuan kejam terhadap anak, anak yang sering diabaikan oleh orangtuanya, dll. Selain itu faktor genetik juga dapat menjadi salah satu pemicu munculnya gangguan kepribadian ini.

hipnoterapi online

Gejala yang dapat muncul pada penderita gangguan kepribadian narsistik :
1. Berkhayal tentang kekayaan, daya tarik, hingga kesuksesan.
2. Percaya bahwa dirinya lebih baik daripada orang lain.
3. Selalu mengharapkan pujian yang konstan dan kekaguman.
4. Melebih-lebihkan bakat atau prestasi yang diperoleh.
5. Mengharap oranglain akan menyetujui ide atau gagasan yang dibuatnya.
6. Gagal mengenali emosi dan perasaan orang lain.
7. Mengambil keuntungan dari orang lain.
8. Merasa iri padaorang lain, dan menganggap orang lain iri pada dirinya.
9. Mengekspresikan penghinaan pada orang-orang yang dianggap rendah.
10. Sulit menjaga hubungan yang sehat.
11. Mudah terluka saat mengalami penolakan.
12. Memiliki tujuan yang tidak realistis.
13. Harga diri rapuh.
14. Keras kepala dan tidak emosional

Gangguan kepribadian narsistik biasa diatasi dengan melakukan terapi untuk membangun harga diri dan juga mengajak penderitanya agar memiliki harapan atau tujuan hidup yang realistis. Selain itu penderita juga dapat melakukan aktivitas-aktivitas untuk menenangkan diri seperti yoga, dan meditasi.

Apabila anda atau orang disekitar anda mengalami gangguan kepribadian narsistik segeralah berkonsultasi dengan psikolog/terapis agar segera menapatkan solusi yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

*Sumber
halo doc dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed