Pemalu Berbeda dengan Introvert, Atasi dengan Cara Ini

Pemalu seringkali dianggap sebagai introvert karena sama-sama tenang dan tidak banyak bicara, padahal keduanya adalah kondisi yang berbeda. Introvert mengacu pada kepribadian yang menunjukkan karakter individu sedangkan pemalu lebih pada sifat yang dimiliki oleh seseorang.

Individu yang introvert akan merasa tidak nyaman ketika berada ditengah keramaian, baik ketika sendiri maupun ketika bersama orang terdekatnya, sedangkan individu pemalu akan merasa baik-baik saja ketika berada dalam keramaian selama dirinya tidak menjadi pusat perhatian.

hipnoterapi online

Individu yang pemalu bisa diatasi dengan belajar untuk menjadi percaya diri, peranan orangtua sangatlah penting untuk melatih kepercayaan diri anak sejak dini. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi sifat ini, diantaranya yaitu :

  1. Bersikap tenang
    Tetaplah tenang ketika ada oranglain yang menyinggung mengenai sifat pemalu yang anda miliki, hadapilah sifat pemalu dengan tenang dan penerimaan yang baik.
  2. Jangan menunjukkan sifat pemalu
    Usahakan untuk tidak menunjukkan sifat pemalu anda ketika bersama orang lain, selain itu berhentilah memberi label pada diri sendiri mengenai sifat pemalu tersebut.
  3. Ketahui kelebihan yang dimiliki
    Fokuslah pada kelebihan yang anda miliki, dengan begitu anda akan mengesampingkan sifat pemalu yang ada.
  4. Hindari mengkritik diri sendiri
    Musuh yang sulit dikalakahkan adalah diri sendiri, mengkritik diri sendiri justru akan memicu stress dan depresi, jangan biarkan suara-suara negatif menjatuhkan diri anda, akan lebih baik jika anda menggunakan suara hati tersebut untuk menganalisis kekurangan yang ada.
  5. Selektif dalam pergaulan
    Bergaul lah dengan orang-orang yang memberi dukungan pada anda dan sebisa mungkin hindari orang-orang yang berpengaruh negatif atau toxic mereka biasanya akan menggoda atau mem-bully dengan mengolok-olok kekurangan yang anda miliki.
  6. Lihat orang lain
    Percayalah bahwa anda bukan satu-satunya orang yang memiliki kekurangan, lihatlah masih banyak orang lain yang juga mengalami kekurangan.
  7. Berpikir positif
    Ketika ada mengalami suatu masalah karena sifat pemalu anda, jangan menganggap bahwa segalanya akan menjadu buruk, cobalah tetap berpikir positif agat anda tidak kehilangan motivasi dan semangat untuk memperbaiki diri.
  8. Hindari berimajinasi secara berlebihan
    Imajinasi memanglah hal yang baik, namun apabila berlebihan dapat membuat anda merasa buruk, hal ini akan mempersulit anda untuk tetap berpikiran positif, hindarilah kebiasaan melamun yang membuat anda terjebak dalam pikiran yang negatif.
  9. Berani
    Menghilangkan sifat pemalu diperlukan keberanian untuk mengambil langkah-langkah maju dan mengalahkan sifat pemalu tersebut, beranilah untuk keluar dari zona nyaman dan lakukanlah hal-hal baru.
  10. Kenali ketakutan yang dimiliki
    Kenalilah ketakutan-ketakutan apa saja yang dimiliki, lalu cobalah atasu ketakutan-ketakutan tersebut satu persatu.
  11. Berlatih bicara
    Berlatihlah untuk berbicara didepan umum, tidak harus pada forum yang besar, bulailah dari forum-forum kecil, belajarlah menyatakan pendapatm atau memberu pidato singkat.
  12. Bersosialisasi
    Apabila anda menarik diri dari lingkungan karena anda memiliki sifat pemalu, maka cobalah untuk bergabung dengan kelompok/komunitas/organisasi yang ada disekitar anda untuk membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri.
  13. Percaya diri
    Belajarlah percaya diri mulai dari hal-hal yang kecil seperti berjalan dengan tegak, menatap mata lawan bicara, dll.

 

Jika sifat pemalu yang dialami sudah untuk diatasi dan mengganggua aktivitas harian, segera konsultasi ke psikolog atau terapis untuk mendapat solusi yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

Sumber
hello sehat dot com
halo doc dot com
dosen psikologi dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed