oleh

Takut Kegelapan ? Atasi dengan Cara Ini

Fobia gelap sering disebut juga sebagai nyctophobia, ini merupakan gangguan psikologis dimana seseorang memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap kegelapan. Penderita nyctophobia bisa merasa panik atau cemas ketika berada ditempat gelap, bahkan di kamarnya sendiri.

Takut pada kegelapan biasanya dialami oleh anak-anak pada rentang usia 2-8 tahun, namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang remaja dan dewasa juga dapat mengalami fobia gelap. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab munculnya fobia gelap, namun ada kemungkinan bahwa kondisi ini dapat terjadi karena seseorang pernah mengalami kejadian traumatis ditempat yang gelap, sehingga ketika berada ditempat gelap penderita akan merasa ketakutan karena teringat kejadian traumatis tersebut.

hipnoterapi online

Sumber lain mengatakan bahwa fobia gelap bisa terjadi karena kekhawatiran yang berlebihan karena idak dapat mengenali dan melihat llingkungan disekitarnya. Saat berada di tempat gelap, penderita dapat mengalami kesulitan bernafas, keringat dingin, jantung berdebar-debar, gemetar, dada terasa sesak dan nyeri, kesemutan, ousing, sakit perut dan bahkan pingsan.

Mengalami fobia gelap dapat menyababkan seseorang menjadi takut saat berpergian di malam hari, meras takut, cemas, panik dan gugup saat berada di tempat gelap, selalu menghindari tempat-tempat gelap, lebih mudah marah tanpa alasan yang jelas ketika berada ditempat minim cahaya dan hanya dapat tidur dengan kondisi ruangan yang terang. Ketakutan berlebih pada gelap akan membuat penderitanya merasa tertekan dan tidak nyaman, jika berlanjut kondisi ini dapat menjadikan penderitanya mengalami insomnia.

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi nyctophobia, yang pertama yaitu psikoterapi, psikoterapi dapat membantu penderita fobia gelap untuk mengidentifikasi perasaan cemas dan menggantikannya dengan pikiran yang lebih positif ketika berhadapan dengan pemicu fobianya, psikoterapi yang sering dilakukan untuk mengatasi fobia gelap adalah terapi perlaku kognitif.

Cara lain untuk membantu mengatasi fobia gelap yaitu dengan terapi paparan, terapi ini bertujuan untuk melawan fobia yang dimiliki sehingga penderitanya dapat mengendalikan rasa takut dan cemas yang muncul, metode ini dilakukan dengan memaparkan atau menghadapkan penderitanya pada fobia yang dimiliki.

Terapi relaksasi juga dapat dilakukan untuk membantu mengatasi fobia gelap, terapi ini dilakukan dengan teknik pernapasan dan yoga yang dapat membuat penderita fobia gelap menjadi lebih tenang dalam menghadapi ketakutan yang dialami, terapi ini juga mampu membanut mengendalikan stress dan gejala fisik yang muncul akibat fobia gelap.

Jika anda atau orang terdekat mengalami fobia gelap, atau fobia yang lainnya dan berlangsung lebih dari 6 bulan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber
alodokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed