oleh

Sosiopat

Sosiopat merupakan istilah yang mengacu pada perilaku antisosial. Perilaku ini bisa disebabkan karena faktor genetik dan pengalaman traumatis masa lalu. Antisosial maksudnya adalah tidak mau mematuhi aturan sosial yang berlaku di lingkungannya. Namun, pelanggaran yang dilakukan sosiopat tidak menyebabkan bahaya serius seperti psikopat. Sosiopat berbeda dengan psikopat, psikopat adalah seseorang yang sering melakukan kekerasan fisik dan menempatkan orang lain dalam bahaya. Semua psikopat merupakan seseorang yang antisosial, tapi tidak semua antisosial adalah psikopat.

Ciri-ciri Orang yang Sosiopat 

hipnoterapi online
  1. tidak mematuhi hukum sosial, sehingga cenderung melanggar hukum dan melampaui batas sosial.
  2. bertindak bohong, menipu, menggunakan identitas palsu atau nama panggilan dan menggunakan orang lain untuk kepentingan pribadi.
  3. kesulitan membuat rencana hidup jangka panjang.
  4. menunjukan perilaku agresif
  5. tidak mempertimbangkan keselamatan baik diri sendiri dan orang lain
  6. tidak memiliki rasa tanggung jawab
  7. tidak merasa bersalah saat menyakiti orang lain
  8. mengabaikan mana yang benar dan salah
  9. tidak atau jarang menunjukan empati
  10. berperilaku impulsif, mencuri dan manipulatif

Penyebab dan Faktor Risiko 

  1. Gen, jika seseorang memiliki anggota keluarga yang memiliki gangguan kepribadian atau sosiopat, kemungkinan untuk menderita gangguan kepribadian lebih besar.
  2. Lingkungan, perilaku sosiopat juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan seperti, pola asuh yang tidak baik, kejadian traumatis seperti pelecehan seksual, kekerasan fisik dan emosianal serta penelantaran. Kehidupan keluarga yang tidak stabil, keras dan kacau selama masa anak-anak juga meningkatkan risiko memiliki gangguan sosiopat.

Cara Mengatasi 

Seseorang yang sosipat masih bisa hidup berdampingan dengan orang lain mesakipun mengalami kesulitan untuk membentuk hubungan yang sehat. Sosiopat harus mendapatkan penanganan dari  psikiater atau psikolog. Penanganan akan dilakukan berdasarkan tingkat keparahan dan gejala gangguan perilaku yang muncul. Gangguan ini bisa ditangani melalui psikoterapi jika masih ringan. Pada kasus yang berat akan diberikan dua alternatif yaitu pengobatan dan psikoterapi untuk menghindari perilaku impulsif yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Jika anda atau orang terdekat mengalami gangguan kepribadian seperti antisosial, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : alodokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed