oleh

Cara mengatasi Trypophobia

Trypophobia (Tripofobia) adalah rasa takut dan jijik yang luar biasa kepada lubang yang tersusun dalam pola janggal dalam jumlah banyak, misalnya sarang lebah, sarang semut, dan buah lotus. (Wikipedia)

Banyak orang mengklaim mengalami hal ini namun kondisi ini belum tercatat dalam “American Psychiatric Association’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders” atau literatur sains lainnya.

hipnoterapi online

Istilah Trypophobia ini muncul pada tahun 2005, berasal dari Bahasa Yunani. τρύπα (trýpa) berarti lubang dan φόβος (phóbos) berarti ketakutan.

Penderita Trypophobia akan merasa jijik dan timbul rasa takut saat melihat lubang-lubang kecil yang kemudian menimbulkan perasaan ilusi seolah memiliki lubang-lubang kecil pada tubuhnya.

Biasanya benda yang dapat memicu penderita penyakit tripofobia saat melihat benda seperti spons, sarang lebah, gelembung dan lubang-lubang lainnya. Kadang tembok yang yang berlubang-lubang juga menimbulkan Trypophobia ini.

Seorang psikolog dari Universitas Kent di Inggris menjelaskan bahwa penyebab dari kondisi penyakit Trypophobia dapat timbul karena perasaan akan sebuah parasit dan penyakit. Mereka menjelaskan bahwa penderita Trypophobia memiliki kondisi di mana mereka takut akan tertular infeksi penyakit, seperti  cacar, campak, rubela, tifus, demam scarlet dan lain-lain yang memiliki bentuk pola melingkar dan lubang. Hal ini yang membuat penderita Trypophobia menjadi takut akan lubang-lubang.

Saat melihat banyak lubang, penderita Trypophobia akan merasa jijik dan gatal sekujur tubuhnya. Tak hanya gatal, penderita akan merasa gelisah saat melihat objek yang memiliki banyak lubang.

Gejala yang dirasakan oleh penderita Trypophobia ini antara lain :

  1. Muncul rasa jijik, lebih dari ketakutan
  2. Takut dan cemas yang berlebihan
  3. Keluar keringat dingin, denyut jantung cepat, sesak napas
  4. Panik
  5. Tidak berdaya untuk melawan rasa takutnya
  6. Pada anak-anak seringkali menangis

Cara mengatasi Trypophobia :

  1. Fobia sebenarnya seringkali tidak membutuhkan pengobatan, Namun bila terasa sangat mengganggu dapat dilakukan terapi.
  2. Hipnoterapi dan konseling karena Trypophobia merupakan masalah emosional yang mendalam
konsultasi hipnoterapi

News Feed