oleh

Penyebab dan Cara Mengatasi Luka Batin

Luka batin merupakan luka yang terjadi pada batin yang terdalam akibat adanya tekanan psikologis yang berat atau terjadi secara terus menerus. Batin yang sudah terluka akan menimbulkan kesedihan yang mendalam, perasaan yang tidak menentu,r rasa marah, hidup yang berantakan bahkan keinginan untuk mengakhiri hidup. Luka batin dapat dialami oleh siapapun baik secara sadar maupun tidak. Korban tindak kekerasan pada masa kecil dimasa mendatang akan membuat individu merasa sulit untuk menerima kenyataan bahwa orangtua mereka telah melakukan sesuatu yang salah, namun kenyataan bahwa orang-orang terdekat menjadi pelaku tindak kekerasan yang mengakibatkan seseorang mengalami tekanan dan trauma adalah fakta yang sulit untuk disangkal.

Luka batin dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari masa dalam kandungan, hingga dewasa. Alam bawah sadar manusia sudah bapat merekam sejak seseorang masih berada di dalam kandungan, janin dapat merekam stimulus yang didapat dari ibunya dan menyimpan di alam bawah sadarnya, anak yang dalam masa kandungannya mendapatkan penolakan da[at mengakibatkan ia tumbuh menjadi pribadi pemberontak, marah tanpa alasan, penakut, dll. atau apabila di masa kehamilan ibu mengalami tekanan seperti rasa putus asa, khawatir, dll. maka anak juga berpotensi membawa perasaan-perasaan tersebut, bahkan di masa kelahiran anak juga dapat memicu akar luka batin dimasa mendatang, kwlahiran yang sulit dapat menjadikan anak kurang percaya diri, dan sering merasa bersalah, anak dengan kelahiran prematur dapat tumbuh menjadi anak yang minder, merasa tidak berdaya dan bergantung pada oranglain.

hipnoterapi online

Masa kecil seseorang berperan besar dalam memicu luka batin, pada masa bayi meskipun anak belum bisa mengungkapkan apa yang mereka rasakan, dan indera mereka belum sempurna, namun mereka sudah dapat merekam apa yang ada disekitarnya, misalnya bayi yang lebih sering diasuh oleh baby sitter daripada orangtuanya, kelak ia dapat tumbuh menjadi anak yang suka mencari perhatian dari orang lain karena merasa kurang kasih sayang dimasa bayi. Masa kanak-kanak menjadi masa yang rawan menjadi penyebab luka batin, hubungan anak dengan orangtua dan lingkungannya memiliki pengaruh besar di masa depannya misalnya anak yang sedari kecil sering mendengar dan melihat pertengkaran orangtuanya dimasa mendatang anak berpotensi trauma atau takut pada suara-suara keras, suara keributanm dll.

Pengasuhan orangtua sangatlah penting dalam membentuk perilaku dan karakter anak dimasa mendatang, bahkan di masa remaja maupun dewasa seseorang dapat mengalami berbagai hal yang dapat menyebabkan luka batin, misalnya korban pembully-an, korban pelecehan seksual, patah hati, dll. hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi takut/trauma berinteraksi dengan orang lain, takut memiliki teman, takut memulai hubungan baru dengan lawan jenis, dan lain sebagainya.

Mengatasi luka batin dapat dilakukan dengan menerima dan memaafkan diri sendiri, tidak menyerah pada impian atau cita-cita, membuat daftar apa saja yang harus dilakukan, melakukan olahraga secara rutin dan istirahat yang cukup, anda juga dapat melakukan kosultasi dan terapi apabila mengalami kesulitan dalam mengatasi luka batin yang dialami. Jika anda atau orang terdekat mengalami luka batin yang berkepanjangan dan kesulitan mengatasinya, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

 

*Sumber
scribd dot com
media dot neliti dot com
lifestyle dot kompas dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed