oleh

Kecanduan Obat Penenang

Ketergantungan obat penenang merupakan suatu kondisi jika seseorang tidak bisa mengobati kecemasan dan ketakutannya tanpa obat penenang. Obat penenang pada umumnya digunakan untuk menenangkan pasien saat akan menjalankan prosedur medis seperti operasi, MRI, kolonoskopi, dan kateterisasi jantung. Beberapa obat penenag dalam dosis rendah dimanfaatkan sebagai perangsang kantuk yang dapat membuat seseorang tertidur. Namun, tidak semua jenis obat penenang dapat dimanfaatkan sebagai obat tidur. Obat penenang pada umumnya digunakan untuk mengurangi gangguan kecemasan atau stres yang berlebihan. Jenis obat penenang hipnotik sedatif seperti benzodiazepin dan barbiturat lazimnya diberikan pada penderita gangguan kecemasan.

Untuk menghindari risiko ketergantungan dan penyalahgunaan obat penenang, sebelum mengonsumsi konsultasikanlah dengan dokter. Jika tidak sesuai aturan dokter, obat penenag dapat menimbulkan efek samping seperti mual, pusing, jantung berdebar-debar, ngantuk berlebihan, mulut kering, gangguan ingatan hingga gangguan kecemasan.

hipnoterapi online

Obat jenis benzodiazepine dan barbiturat merupakan jenis obat penenang yang banyak menyebabkan ketergantungan, Jika muncul masalah terkait efek samping obat penenang anda perlu perawatan lebih lanjut dari psikiater atau terapis. Manfaatkan obat secara bijak dan hindari menjadikannya sebagai obat tidur tanpa pengawasan dokter. Jika anda mengalami kesulitan tidur konsultasikan dengan dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut.

Cara Mengatasi

Ketergantungan obat dapat dicegah dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. patuhilah penggunaan obat yang dianjurkan, jangan mencampur obat dengan obat jenis lain tanpa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.
  2. apabila anda merasakan hasrat untuk mengonsumsi obat dengan jenis tertentu dalam dosis banyak, sebaiknya hubungi dokter untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Pengobatan yang dapat dilakukan jika sudah kecanduan obat penenang adalah menemui dokter spesialis kesehatan jiwa (psikiater) atau konselor untuk membantu mengatasi ketergantungan dengan terapi atau penanganan lain dengan tepat. Psikiater akan mempertimbangkan tentang jenis obat apa yang dikonsumsi, berapa lama waktu konsumsinya, berapa banyak jumlah yang dikonsumsi dan penyebabnya, kemudian psikiater akan menentukan cara mengatasinya sesuai kondisi penderita.

Jika anda atau orang terdekat mengalami ketergantungan obat penenang yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed