oleh

Kebiasaan Buruk ? Atasi Segera Dengan Cara Berikut Ini

Kebiasaan buruk hampir dimiliki oleh setiap orang, hal ini selain merugikan diri sendiri juga dapat merugikan orang lain. Beberapa contoh hal yang negatif atau buruk adalah merokok, malas belajar, boros, buang sampah sembarangan, konsumsi minuman beralkohol, dll. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, namun karena hal-hal tersebut sudah menjadi kebiasaan maka akan sedikit susah untuk diatasi atau dihilangkan.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membantu menghilangkan kebiasaan buruk, diantaranya yaitu :

hipnoterapi online
  1. Sadari bahwa anda melakukan kebiasaan yang negatif
    Menyadari bahwa apa yang dilakukan adalah hal yang buruk menjadi langkah pertama untuk menghilangkan hal tersebut, dengan menyadari hal ini akan membantu menahan diri untuk melakukannya lagi. Katakan pada diri anda bahwa kebiasaan yang anda lakukan adalah hal yang negatif dan harus dihindari.
  2. Cari pemicunya
    Apabila anda mengetahui penyebab serta hal-hal yang memicu munculnya kebiasaan tersebut, akan sangat membantu anda untuk menghindari segala sesuatu yang dapat menjadi pemicu munculnya kebisaan yang buruk tersebut.
  3. Niat, tekad kuat dan rencana yang matang
    Niat dan tekad yang kuat menjadi modal utama untuk melakukan suatu perubahan termasuk untuk menghilangkan kebiasaan yang buruk, selain itu rencana yang matang juga diperlukan seperti target kebiasaan yang akan dihilangkan, beserta jangka waktunya. Teruslah konsisten dalam melakukan perubahan, lebih baik melakukan perubahan sedikit demi sedikit namun konsisten daripada melakukan banyak hal sekaligus namun berhenti ditengah jalan.
  4. Alihkan perhatian pada hal positif
    Ketika anda ingin mengulangi hal yang buruk segera alihkan perhatian ke hal-hal yang positif. Perilaku yang positif juga berdampak baik pada kesehatan maupun pada kehidupan. Selain itu anda juga dapat membuat tulisan peringatan positif seperti “Ayo berhenti merokok”, “jangan buang sampah sembarangan”, dll, tulisan-tulisan tersebut dapat diletakkan ditempat-tempat strategis agar sering dilihat.
  5. Cari dukungan
    Memiliki rekan dengan tujuan yang sama akan mendukung anda untuk menghilangkan kebiasaan buruk, anda bisa saling bertukar cerita dan bahkan saling mengingatkan jika akan melakukan hal yang negatif tersebut.
  6. Menghadiahi diri sendiri
    Anda bisa memberi hadiah pada diri sendiri apabila sudah mencapai target yang diinginkan, usahakan hadiahi diri sendiri dengan sesuatu yang bermafaat.
  7. Bantuan profesional
    Jika anda sudah berusaha menghilangkan kebiasaan yang negatif namun tak kunjung membuahkan hasil, anda dapat meminta bantuan pada profesional seperti dokter, psikolog, atau terapis agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika anda atau orang terdekat melakukan kebiasaan buruk yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

*Sumber :
sehat q dot com
dosen psikologi dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed