Insecure dan Cara Mengatasinya

Insecure merupakan kondisi dimana seseorang merasa tidak nyaman sehingga menyebabkan munculnya rasa gelisah, malu, takut, dan tidak percaya diri. Setiap orang tentunya pernah mengalami kondisi ini dan meragukan kemampuan diri, insecure ini dapat muncul kapan saja dan dimana saja, terlebih ketika bertemu dengan orang lain yang lebih baik dari diri sendiri baik secara fisik maupun kemampuan. Sebenarnya, insecure adalah hal yang wajar, namun jika kondisi ini berlebihan dan berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama dapat menghambat potensi diri, untuk itu kondisi ini harus segera diatasi.

Penyebab Insecure

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami insecure, diantaranya yaitu :

hipnoterapi online
  1. Penolakan
    Mengalami penolakan dari orang lain dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure, penolakan yang terjadi dapat berupa penolakan lamaran pekerjaan, penolakan dalam hubungan, dll.
  2. Kegagalan
    Meliputi kegagalan dalam bisnis, sekolah/pekerjaan, rumah tangga dll.
  3. Rasa takut
    Seringkali seseorang merasa takut untuk bergabung atau berinteraksi dengan orang lain, sehingga dapat memunculkan perasaan cemas tentang bagaimana penilain orang lain, bahkan membayangkan bagaimana jika dikucilkan, dll.
  4. Pikiran
    Disadari atau tidak, pikiran sangat mempengaruhi kehidupan, terkadang insecure dapat terjadi karena adanya pikiran-pikiran dalam diri seperti “apalah aku, mereka jauh lebih baik daripada aku”, “dia sangat pintar, berbeda sekali denganku yang bodoh”, “dia sangat cantik, berbeda sekali dengan aku”, dll.
  5. Tekanan orangtua
    Tekanan dari pengasuhan orangtua dapat menumbuhkan rasa insecure pada anak sejak dini. Orangtua yang mendidik anaknya terlalu keras seperti membentak anak saat anak melakukan kesalahan, tidak menghargai hasil kerja anak, dll. dapat menyebabkan anak menyalahkan dirinya sendiri dan merasa bahwa dirinya tidak berharga.

Cara Mengatasi

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya yaitu :

  1. Berpikiran positif
  2. Stop salahkan diri sendiri
  3. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain
  4. Hindari/tinggalkan orang-orang yang membuatmu semakin insecure
  5. Lakukan hal-hal yang disukai
  6. Bercerita dengan orang terdekat
  7. Bersosialisasi dengan orang baru
  8. Beri reward pada diri sendiri

Meskipun kondisi ini merupakan hal yang wajar, namun jika dibiarkan dapat memberikan dampak negatif. Jika anda atau orang terdekat mengalami insecure yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

*Sumber:
alo dokter dot com
hello sehat dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed