oleh

Apa itu pikiran bawah sadar (subconscious mind) ?

Apa itu pikiran bawah sadar ?

Menurut teori psikoanalisis Sigmund Freud, pikiran bawah sadar adalah kumpulan perasaan, pikiran, dorongan, dan ingatan yang berada di luar kesadaran.

hipnoterapi online

Freud percaya bahwa ketidaksadaran terus memengaruhi perilaku meskipun orang tidak menyadarinya. Freud mengibaratkan hal-hal yang mewakili kesadaran kita hanyalah “puncak gunung es.”

Sisa informasi yang berada di luar kesadaran sadar terletak di bawah permukaan. Meskipun informasi ini mungkin tidak dapat diakses secara sadar, tetapi memberikan pengaruh terhadap perilaku.

Dampak Pikiran Bawah Sadar
Pikiran, kepercayaan, dan perasaan bawah sadar berpotensi menyebabkan sejumlah masalah termasuk:

Marah, Penuh prasangka, Perilaku kompulsif, Interaksi sosial yang sulit, dan Masalah dalam hubungan.
Freud percaya bahwa banyak dari perasaan, keinginan, dan emosi kita ditekan atau ditahan karena kesadaran mereka terlalu mengancam. Bahkan, keinginan-keinginan yang tersembunyi dan ditekan ini bisa muncul melalui mimpi.

Sejatinya semua naluri dan dorongan dasar manusia terkandung dalam pikiran bawah sadar. Insting hidup dan mati, misalnya, ditemukan di alam bawah sadar. Seperti naluri seksual, pikiran tentang agresi, trauma, dan bahaya.

Dorongan seperti itu dijauhkan dari kesadaran karena pikiran sadar manusia sering melihatnya sebagai hal yang tidak dapat diterima atau tidak rasional. Untuk menjaga agar desakan-desakan ini tidak disadari, Freud menyarankan agar orang memanfaatkan sejumlah mekanisme pertahanan yang berbeda untuk mencegah pikiran bawah sadar naik menjadi kesadaran.

Pun begitu, di satu sisi menyelesaikan persoalan-persoalan di pikiran bawah sadar dapat menyelamatkan perilaku yang disadari. Penelitian psikologi kognitif modern telah menunjukkan bahwa persepsi yang tidak kita sadari dapat memiliki dampak kuat pada perilaku.

Melatih Pikiran Bawah Sadar
Sebenarnya sama seperti otak, pikiran bawah sadar juga bisa dilatih. Melatih pikiran bawah sadar dapat membuat seseorang memfokuskan diri terhadap hal-hal yang dapat memperkuat diri secara fisik maupun mental. Berikut ini langkah-langkah melatih pikiran:

Segala Sesuatu adalah Mungkin
Langkah pertama dalam menciptakan perubahan besar dalam hidup adalah percaya kalau segala sesuatu memiliki kemungkinan. Kamu mungkin bisa mencobanya dengan melakukan hal-hal yang belum pasti mendapatkan respons. Berani mencoba akan melebarkan peluang terhadap kemungkinan-kemungkinan.

Jangan Biarkan Ketakutan Orang Lain Menimbulkan Keraguan
Ketakutan orang lain adalah bentuk proyeksi dari situasi mereka sendiri dan ini tidak ada hubungannya dengan kamu. Cara orang merespons informasi tentang apa yang kamu lakukan memberitahumu apa yang sebenarnya mereka lakukan dalam hidup mereka.

Kelilingi Diri dengan Dorongan Positif
Ini bisa dimulai dengan mengubah alarm pagi di ponsel dengan membaca pesan-pesan positif. Tempelkan pesan-pesan sarat inspirasi di meja ataupun area yang sering dilewati. Jaga jarak dengan orang-orang yang membuat kamu merasa buruk terhadap diri sendiri.

Lepaskan Keterikatan
Terkadang kita ingin segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana. Dan ketika itu tidak berjalan sesuai dengan rencana, kita mulai berpikir hal tersebut tidak akan berhasil. Padahal, seperti pepatah mengatakan ada banyak jalan menuju Roma—ini tidak hanya mengacu pada “perjalanan” ke Roma saja melainkan juga tempat-tempat lain.

Bebaskan dirimu dari segala keterikatan dan konsep-konsep yang pakem. Bersikaplah fleksibel dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru untuk menemukan tujuan hidupmu. Hidup akan selalu mengejutkan. Alih-alih terikat secara obsesif pada setiap detail kecil yang bekerja sesuai dengan cara yang kamu pikirkan, terbukalah untuk potensi, dan kemungkinan. Bahkan, jika itu adalah sesuatu yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Pikiran bawah sadar merupakan bank memori dengan kapasitas memori yang sangat besar. Kapasitasnya hampir tak terbatas. Di sini segala sesuatu yang pernah terjadi terhadap diri kita disimpan secara permanen.

Pada saat seseorang mencapai usia 21 tahun, maka dia telah menyimpan lebih dari seratus kali isi Ensiklopedia Britannica secara permanen.

Dalam kondisi hipnosis, orang tua sering dapat mengingat, dengan kejelasan sempurna, kejadian  lima puluh tahun sebelumnya. Ingatan bawah sadar ini hampir sempurna.

Fungsi pikiran bawah sadar kita adalah untuk menyimpan dan tempat mengambil data. Tugasnya adalah memastikan bahwa kita merespons dengan tepat apa yang telah kita programkan.

Pikiran bawah sadar kita membuat semua yang kita katakan sesuai dengan pola konsep diri kita, “program utama kita”.

Pikiran bawah sadar kita bersifat subjektif. Dia tidak berpikir atau beralasan secara independen; dan hanya mematuhi perintah yang diterimanya dari pikiran sadar kita. Ibarat pikiran sadar kita adalah tukang kebun yang menanam benih; pikiran bawah sadar kita dapat dianggap sebagai kebun, atau tanah subur, di mana benih berkecambah dan tumbuh.

Pikiran bawah sadar dan akal bawah sadar kita sangatlah taat.

Pikiran bawah sadar kita adalah pelayan yang tidak perlu dipertanyakan kemampuan kerjanya, dia bekerja siang dan malam untuk membuat perilaku kita sesuai dengan pola pemikiran emosional, harapan, dan keinginan kita. Pikiran bawah sadar kita tumbuh subur bak bunga atau gulma di taman kehidupan kita, apa pun yang kita tanam akan sepadan dengan mental yang kita ciptakan.

Pikiran bawah sadar kita memiliki apa yang disebut impuls homeostatik, yang menjaga dan mempertahankan suhu tubuh kita pada suhu 98,6 derajat Fahrenheit (37 derajat Celcius), membuat kita bernafas secara teratur dan membuat jantung kita berdetak pada tingkatan tertentu. Melalui sistem saraf otonom kita, ia menjaga keseimbangan antara ratusan bahan kimia dalam miliaran sel kita sehingga seluruh fungsi mesin fisik kita selaras sepenuhnya.

Pikiran bawah sadar kita juga mempraktikkan homeostasis di alam mental kita, dengan membiarkan kita berpikir dan bertindak dengan cara yang sesuai dengan apa yang telah kita lakukan dan katakan di masa lalu.

Semua kebiasaan berpikir dan perilaku kita tersimpan dalam pikiran bawah sadar kita. Ini telah menghafal semua zona.

Pikiran bawah sadar kita menyebabkan kita merasa tidak nyaman secara emosional dan fisik saat kita mencoba melakukan sesuatu yang baru atau berbeda, atau mengubah pola perilaku yang ada.

Kita bisa merasakan alam bawah sadar kita menarik kita kembali ke zona nyaman kita setiap kali kita mencoba sesuatu yang baru. Bahkan berpikir untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang biasa kita lakukan akan membuat kita merasa tegang dan tidak nyaman.

Pria dan wanita superior selalu berusaha mendorong diri mereka keluar dari zona nyaman mereka. Mereka tahu bahwa rasa puas diri adalah musuh besar kreativitas dan kemungkinan masa depan. Mereka tahu bahwa bila ingin sukses harus segera membebaskan diri dan keluar dari zona nyamannya.

Bila ingin tumbuh, kita harus keluar dari zona nyaman kita, kita boleh saja merasa sedikit canggung dan tidak nyaman melakukan hal-hal baru beberapa kali tapi lakukan dan tetap berusaha keluar dari zona nyaman ini sampai kita dapat mengembangkan zona nyaman baru pada tingkat kompetensi baru yang lebih tinggi.

Zona nyaman akan membuat kita malas untuk keluar darinya. Jika kita bertahan pada zona nyaman tersebut ada rasa kurang/ tidak nyaman. Tapi dengan tekad dan komitmen untuk menuju kesuksesan, kita harus keluar dari zona ini, menemukan sesuatu yang hebat. Pikiran-pikiran positif yang kita ucapkan, pikirkan dan tindakan-tindakan yang dilakukan berulang akan tertanam di pikiran bawah sadar dan tumbuh subur, semakin berkembang dan besar, sehingga suatu saat dengan keyakinan dan tekad yang kuat hal ini akan muncul sebagai sesuatu yang nyata. kita bisa keluar dari zona nyaman kita dan menemukan sesuatu yang lebih hebat lagi.

Kendalikan pikiran Anda, sebelum dia mengendalikan hidup Anda.

www.hipnoterapi.id

dari berbagai sumber

konsultasi hipnoterapi

News Feed