Hypnosis merupakan kondisi dimana seseorang tertidur karena sugesti. Sugesti bisa diberikan seseorang kepada dirinya sendiri, hal inilah yang kemudian disebut self hypnosis. Self Hypnosis ini bisa membantu menghilangkan keluhan-keluhan dalam diri seperti kecemasan, rasa takut dan meringankan stres.

Cara Hipnoterapi Diri Sendiri 

Pra Hipnosis 

1. Kenakan pakaian yang nyaman, akan sangat sulit mencapai kondisi tenang jika anda mengenakan pakaian yang tidak nyaman dan sesak. Pastikan temperatur ruangan nyaman, anda bisa menggunakan selimut atau sweater jika kedinginan, biasanya kondisi yang hangat akan membuat anda merasa nyaman.

hipnoterapi online

2. Masuklah dalam ruangan yang tenang dan duduk di kursi atau tempat tidur yang nyaman. Pastikan kaki dan bagian tubuh yang lain tidak terlipat.

3. Pastikan anda tidak terganggu setidaknya sekitar 30 menit. Hipnosis tidak akan efektif jika terganggu oleh hal-hal di luar hipnosis seperi dering HP, hewan peliharaan atau keramaian lain. Pastikan untuk mematikan telepon, mengunci pintu dan mengasingkan diri untuk sementara waktu.

4. Tentukan tujuan dari hipnosis yang anda lakukan. Jika anda melakukan hipnosis untuk mencapai hasil yang besar seperti berhenti merokok, berhenti alkohol dan lainnya, pastikan untuk menyiapkan daftar yang berisi penegasan. Jika anda melakukan hipnosis untuk mencapai tujuan, mengubah cara berpikir atau sekedar motivasi positif, pastikan untuk menyiapkan kalimat-kalimat yang positif.

Memasuki Kondisi Hipnosis 

5. Pejamkan mata anda dan singkirkan berbagai perasaan takut, stres dan cemas.

6. Kenali ketegangan tubuh anda, dimulai dari jari kaki bayangkan ketegangan tubuh anda lepas. Bayangkan ketegangan itu bebas dari kaki lalu naik menuju seluruh tubuh.

7. Tarik napas perlahan dan dalam-dalam, ketika ada melakukan relaksasi dengan napas, ketegangan dan hal negatif akan lenyap. Pada titik ini anda dapat menggunakan visualisasi yang bisa anda tentukan. Seperti bayangkan uang anda tertiup angin dan anda mengejar uang itu. Bayangkan sedetail mungkin. Pikirkan selalu kelima indra anda.

8. Sadarilah kenyataan bahwa anda benar-benar rileks sekarang. Bayangkan anda berjalan menghitung menuruni air, bayangkan tubuh anda mulai memasuki air. Mungkin anda akan merasa agak mati rasa dan jantung berdebar. Biarkan kecemasan terhadap situasi tersebut sirna ke dalam air.

9. Rasakan sensasi mengambang. Pada titik anda berada di dasar air, anda benar-benar tidak merasakan apapun, hanya sensasi mengambang saja. Jika anda tidak merasakan kondisi ini, coba ulang pelan-pelan dengan kemauan untuk memahami apa yang sedang terjadi.

10. Sekarang mulailah menceritakan apa yang sedang anda lakukan, bicaralah dengan pelan seolah-olah sedang membaca halaman buku. Ulangi pernyataan-pernyataan anda berulang-ulang sebanyak yang anda inginkan.

Bersiap Keluar dari Kondisi Hipnosis

11. Melangkahlah keluar dari air, rasakan air semakin rendah. Ketika anda sudah keluar, jika anda merasa berat seolah-olah ada beban berat di dada. Berhentilah dan ulangi pernyataan-pernyataan anda sebelumnya. Ketika beban berat itu hilang, lanjutkan keluar dari air.

12. Ketika anda sadar, berikan kesempatan diri sejenak untuk berhenti sebelum membuka mata. Lakukan hal ini secara perlahan dan bayangkan cahaya yang menyinari jalan menuju pintu. Jika perlu hitunglah mundur dari angka 10, ketika selesai menghitung cobalah untuk membuka mata anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed