Bagaimana Mengenali Gejala Stres ?

Stres merupakan reaksi tubuh yang terjadi saat seseorang mendapatkan ancaman, tekanan atau suatu perubahan, stres juga bisa terjadi akibat pikiran atau situasi yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, gugup, putus asa, marah, atau bersemangat. Situasi-situasi tersebut akan memiicu respon tubuh manusia, baik secara fisik maupun secara mental. Respon tubuh yang dialami setiap orang berbeda-beda mulai dari detak jantung menjadi cepat, tekanan darah meningkat, otot menjadi kaku, pusing, dan lain sebagainya.

Stres biasanya terjadi akibat tekanan batin seperti masalah keluarga, permasalahan dalam hubungan asmara, hubungan sosial, masalah keuangan, tekanan dalam pekerjaan atau tugas, dan lain sebagainya. Hampir semua orang pernah mengalami stress mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Sebenarnya stress tidak selalu berdampak buruk karena stress hanya bersifat sementara, stress yang dialami seseorang akan mereda ketika tekanan tersebut sudah terlewati.

hipnoterapi online

Perlu diketahui bahwa stress yang berkepanjangan akan berdampak pada melemahnya sistem kekebalan tubuh, hal ini tentunya akan berdampak pada kesehatan tubuh seseorang, gangguan kesehatan yang dapat diakibatkan oleh stress yaitu gangguan pencernaan, gangguan pada sistem reproduksi hingga gangguan tidur.

Ada beberapa gejala yang muncul apabila seseorang mengalami stress, diantaranya yaitu :
1. Gejala Fisik.
Gejala fisik yang muncuk seoerti pusing, mual, diare, sembelit, migrain, nyeri otot, kepala terasa tegang, jantung berdebar, sering batuk pilek, gemetar, gangguan tidur, telinga berdengung, berkeringat, kaki dan tangan terasa dingin, mulut kering, kesulitan menelan, hingga gangguan pada siklus menstruasi.

2. Gejala Emosi.
Biasanya seseorang yang mengalami stress akan mudah gusar, suasana hati mudah berubah, frustasi, kesulitan dalam menenagkan pikiran, merasa rendah diri, merasa kesepian, menganggap bahwa dirinya tidak berguna, kehilangan kendali, bingung, menarik diri dari lingkungan, dan depresi.

3. Gejala Perilaku.
Perilaku yang dapat muncuk ketika seseorang mengalami stress yaitu menghindari tanggung jawab, menunjukkan sikap gugup, kehilangan nafsu makan, merokok, hingga mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

4. Gejala Kognitif.
Ketika seseorang mengalami stress mereka akan cenderung mudah lupa, pesimis, sulit memusatkan perhatian, memiliki pandangan yang kurang baik sehingga sering mengambil keputusan yang kurang baik pula.

Bagi kalian yang sedang mengalami stress, kalian bisa menggunakan tips-tips berikut ini untuk mengatasi stress :
1. Ceritakan permasalahan yang anda alami kepada seseorang yang dapat dipercaya.
2. Biasakan diri untuk berpikir positif.
3. Lakukan kegiatan yang anda sukai.
4. Kembangkan Hobi anda.
5. Belajar hal-hal baru atau asah skill anda.
6. Tingkatkan hubungan dengan Tuhan, perbanyak ibadah.
7. Coba tenangkan pikiran dengan relaksasi tubuh, anda juga bisa melakukan me time.
8. Jagalah kesehatan, lakukan olahraga secdara teratur.
9. Usahakan untuk mendapat istirahat yang cukup.
10. Pastikan untuk mendapatkan gizi seimbang, serta terapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Lakukan tips-tips diatas untuk mengurangi stress yang anda alami. jika anda atau orang terdekat mengalami stress yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi mengatasi stress dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di https://hipnoterapi.biz . Jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh di link ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed