oleh

Bagaimana Mencapai Kesejahteraan Psikologis ?

Kesejahteraan psikologis atau psychological well being merupakan kondisi dimana seseorang mampu menerima keadaan dirinya, membentuk hubungan dengan orang lain, mampu mengontrol lingkungan, memiliki kemandirian, tujuan hidup dan mengembangkan diri. Seseorang bisa dikatakan memiliki kesejahteraan psikologis ketia ia bisa merasa bahagia dengan apa yang ada pada dirinya sekarang.

Dimensi-dimensi Kesejahteraan Psikologis 

hipnoterapi online

Penerimaan diri

Penerimaan diri merupakan tingkat kemampuan individudalam bersikap terhadap dirinya sendiri, bertanggung jawab terhadap diri sendiri, berani mengakui kesalahan dan introspeksi diri. Seseorang yang bisa menerima dirinya dengan baik akan mempengaruhi kesehatan mentalnya kearah yang lebih baik.

Hubungan positif dengan orang lain 

Dimensi ini menekankan suatu kemampuan yang penting dalam kesehatan mental yaitu kemampuan untuk mencintai orang lain.

Otonomi 

Otonomi merupakan kemampuan individu menentukan nasib sendiri, kebebasan, pengendalian internal, individual, dan pengaturan perilaku internal. Ciri utama dari seorang individu yang memiliki otonomi yang baik antara lain dapat menentukan segala sesuatu seorang diri, dan mandiri.

Penguasaan lingkungan 

Kemampuan individu untuk memilih atau menciptakan lingkungan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya dapat didefenisikan sebagai salah satu karakteristik kesehatan mental.

Tujuan hidup

Seseorang yang memiliki nilai yang tinggi dalam dimensi tujuan hidup memiliki rasa keterarahan dalam hidup, mampu merasakan arti dari masa kini, memiliki keyakinan yang memberikan tujuan hidup, serta memiliki tujuan dan target yang ingin dicapai dalam hidup. Dimensi ini menggambarkan tentang kesehatan mental karena di dalamnya terdapat keyakinan individu mengenai tujuan dan makna hidupnya.

Pertumbuhan pribadi

Pertumbuhan pribadi merupakan tingkat kemampuan individu dalam mengembangkan potensinya secara terus menerus, menumbuhkan dan memperluas diri sebagai individu. Seseorang yang memiliki pertumbuhan diri yang tinggi akan menunjukkan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan orang yang memiliki pertumbuhan pribadi yang rendah.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Psikologis 

  1. Usia, perbedaan usia dapat mempengaruhi perbedaan dimensi-dimensi kesejahteraan psikologis.
  2. Jenis Kelamin, perempuan cenderung lebih memiliki kesejahteraan psikologis dibandingkan laki-laki. Perempuan lebih mampu mengekspresikan emosi dengan curhat kepada orang lain, perempuan juga lebih senang menjalani relasi sosial dibandingkan laki-laki.
  3. Status Sosial dan Ekonomi, perbedaan kelas sosial juga mempengaruhi kesejahteraan psikologis seseorang. Pendidikan yang tinggi dan status pekerjaan dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis. Individu yang menempati kelas sosial yang tinggi memiliki perasaan yang lebih positif terhadap diri sendiri dan masa lalu mereka, serta lebih memiliki rasa keterarahan dalam hidup dibandingkan dengan mereka yang berada di kelas sosial yang lebih rendah.
  4. Budaya, budaya individualistik dan kolektivistik memberikan perbedaan dalam kesejahteraan psikologis.
  5. Dukungan Sosial, akan memberikan rasa nyaman, perhatian, penghargaan atau pertolongan. Dimana hal-hal ini akan mempengaruhi kesejahteraan psikologi seseorang.
  6. Kesehatan Fisik, kesehatan fisik yang baik akan memberikan dampak yang baik pada kesehatan yang lain seperti jiwa atau mental. Jika semua unsur baik maka seseorang dapat memiliki kesejahteraan psikologisnya.
  7. Pemberian Arti Terhadap Hidup, pemberian arti terhadap pengalaman hidup memberi kontribusi yang sangat besar terhadap pencapaian kesejahteraan psikologis.
  8. Religiusitas, Individu yang memiliki tingkat religiusitas yang tinggi lebih mampu memaknai kejadian hidupnya secara positif sehingga hidupnya menjadi lebih bermakna.
konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed